LOGIN USER



Admin Online

admin online

Sosial Media

  

FansPage

facebook fans page

Statistik Website

Beranda INFORMASI Berita Utama KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN SMP 28
KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN SMP 28 PDF Cetak E-mail
Informasi - Berita Utama
Ditulis Oleh Webmaster   
Kamis, 18 Januari 2018 08:28
jadi1Banyak kisah menyertai proses perubahan lingkungan kearah yang lebih indah, sejuk, nyaman rindang dan hijau. Suasana Gedung dan lingkungan SMP Negeri 28 Semarang, pada tahun 2014 belum semua lingkungan tertata sesuai ketentuan sekolah hijau. Karena pohon yang besar dan rindang belum banyak.

Pohon dlodok pecut yang tumbuh tinggi menjulang dan berusia 15 tahun hanya menghasilkan kayu dan sedikit menghasilkan oksigen O2. Halaman yang luas dan sedikit pohon peneduh yang rimbun dan rindang  menjadikan siang lebih panas. Terasa semakin gersang dimusim kemarau panjang, begitu kencang angin bertiup dan membuat daun –daun kering berguguran. Itulah sekilas pemandangan di halaman depan dan tengah di tahun 2014. Dimusim penghujan banyak ulat bulu yang berterbangan terbawa angin dan mengganggu proses pembelajaran. Karena banyak guru dan siswa mengalami gatal-gatal terkena bulu ulat yang banyak bersarang dipohon glodok pecut di depan kelas.
 
Beradasarkan analisa kondisi lingkungan sekolah itulah maka disusun program sekolah adiwiyata, sekolah yang hijau,bersih, indah dan nyaman untuk proses pembelajaran. Kegiatan untuk Perlindungan lingkungan melaui penghajauan sekolah, dimulai dengan menyampaikan ide-ide yang tertuang dalam program sekolah maka tersusunlah program yang tujuanya relistis untuk dijangkau serta terukur keberhasilanya dalam waktu 4 tahun ke depan. Nama program adalah Green School Consevation.
Sebelum pelaksanaan program dilaksanakan perlu dicermati kondisi lingkungan   pada foto dokumentasi yang menggambarkan situasi tahun 2014.

1. Gedung SMP 28 Semarang halaman depan
GEDUNG SMPN28SMG

2. Halaman tengah SMP 28 Semarang 2014

Gersang dan tidak nyaman
gersang

gersang2

gersang3

Proses penataan  taman depan kelas-kelas
penataan1

Area depan kelas-kelas sebelum jadi taman tahun 2014
penataan2

Area depan kelas-kelas sesudah jadi taman tahun 2017
jadi1

Hasil penanaman dan perawatan selama tahun 2017
jadi2

Seiring berjalannya waktu dimulainya proses perubahan dengan perencanaan jangka menengah 4 tahun yaitu 2014 s.d 2018 disusunlah program sekolah adiwiyata. Mulai dari sosialisasi program kepada seluruh warga sekolah pada awal tahun pelajaran 2014/2015.

Selama proses sosialisasi dan dan pelaksanaan program tentunya ada kendala baik dari dalam atau inter sekolah, diantaranya ada guru yang kurang percaya kalau program tersebut dapat terlaksana. Sedangkan kendala dari luar adalah cuaca yang tidak menentu sehingga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman penghijauan maupun taman di depan kelas. Meskipun banyak kendala di lapangan, semua program tetap diupayakan dapat terlaksana dan mencapai trget keberhasilan .

Setelah sosialisasi kepada semua warga sekolah, orang tua siswa, komite sekolah, masyarakat dan pemangku kepentingan pendidikan serta dinas kehutanan. Maka dimulai pelaksanaan progranm dengan perencanaan sebagai berikut :
Waktu

Kegiatan

Pelaksana

Juli 2014

Penyusunan program Sosialisasi

Tim Pengembang sekolah

Agustus

Sosialisasi program sekolah

Kepala sekolah

Oktober s.d November

Pengurugan sawah belakang sekolah untuk menyiapkan  lahan penghijauan

Donatur Pertamina

Desember

Penanaman penghijauan 250 bibit pohon sengon

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28

Maret Tahun 2015

Menyiapkan lahan untuk taman di halaman tengah dengan menebang pohon glodog pecut

Sarpras

April

Menanam pohon pengganti dengan pohon kelengkeng, mangga dan sawo

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28

Mei

Membuat kolam di depan ruang guru

Sarpras

Juni-Desember

Membuat taman depan kelas – kelas untuk ditanami bunga

Sarpras

Januari 2016

Sosialisasi persiapan  lomba Sekolah Sehat

KS

Februari - April

Pelaksanaan penanaman bunga di taman yang ada di depan kelas

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28

Juni - Agustus

Diadakan lomba kebersihan, perawatan  dan keindahan taman kelas masing-masing

Panitia lomba  dan kesiswaan

September

Pembuatan kran air di depan semua kelas

Sarpras

Oktober

Penilaian Lomba Sekolah Sehat

Dewan yuri dari Kota

November 20-30

Menerima kunjungan volunter Palang Merah Korea untuk melaksanakan penghijauan dan perbaikan sanitasi MCK

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28

Desember

Perawatan penghijauan di halaman belakang sekolah

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28

Januari s.d Desember 2017

Penambahan tanaman, menyiram, memupuk  dan perawatan taman sekolah dengan mencabut gulma dan memangkas daun yang kurang baik tumbuhnya

Siswa dan semua guru karyawan SMP 28


Banyak kisah yang mewarnai proes perlajanan program dari  lahan gersangmenjadi hutan dan taman yang subur hijau dan indah. Awal berjalanya program sudah harus siap menghadpi kendala yaitu ditentang oleh kelompok pesimistis dan mosi tidak percaya akan terjadinya perubahan. Mereka berpikir negatif tentang rencana perubahan, yang ada dalam benak mereka hanyalah kegagalan dan tidak mungkin program bisa berjalan. Mereka hanya bisa meremehkan dan berupaya menggagalkan setiap rencana. Kata-kata yang keluar lebih sering menyakitkan hati bila didengarkan. Kebiasaan mentertawakan kegagalan orang lain dianggap hal biasa. Bahkan terhadap orang yang sudah melaksanakan program justru dicemooh bahwa semua program tidak ada manfaatnya.

Namun sebanyak-banyaknya orang yang tidak suka pada perubahan, faktanya masih banyak yang mendukung program sekolah Adwiyata pada tahun yang akan datang. Perencanaan akan dapat terlaksana dengan baik bila didukung oleh sebagian warga sekolah dengan  kesungguhan, perjuangan dan keteguhan hati. Mereka yang bersikap optimis, selalu berpikir positif bahwa tujuan menjadikan sekolah adiwiyata akan tercapai pada 4 tahun yang akan datang.

Berikut ini kondisi halaman sekolah yang merupakan partisipasi dan hasil kerja keras semua warga sekolah. Setiap hari jumat siswa maupun guru bersama-sama menanam dan merawat tanaman penghijauan maupun tanaman yang ada di taman bunga depan kelas masing-masing. Hari berganti minggu, terbilang bulan dan tahunpun berlalu. Sejak mulai menanam pada bulan Desember 2014 kemudian membuat taman  pada tahun 2015 , kini hasilnya bisa dilihat pada tahun 2017.
Pohon sengon mulai besar dan tinggi menjulang hingga 10 meter dengan diameter 20-25 cm. Pohon buah mangga dan kelengkeng muali berbuah. Ada pula dua  pohon sawo di tepi halaman depan kantor guru  meskipun belum berbuah tapi daunya tumbuh lebat yang menunjukkan betapa subur tanahnya. Ada perasaan bahagia memandang semua tanaman tumbuh subur dan berbunga indah, ada pula yang berbuah. Terbersit pula rasa bangga ketika banyak tamu yang berkunjung di SMP 28 merasakan suasana sejuk dan nyaman karena udara dilingkungan sekolah yang bersih, bebas polusi dan menyenangkan untuk dipandang.

Lapangan hijau yang di tumbuhi rumput merupakan area atau ruang terbuka hijau sebagai tempat bermain para siswa saat istirahat, di tepi lapangan dibentuk taman dengan ditanamai bunga soka, bunga sepatu, kemuning, adenium, nusa indah  beraneka warna yang berpadu indah dengan tanaman hias palm, sri rejeki dan masih bayak lagi.

Bagi para pecinta dan peduli lingkungan tentu memahami betapa pentingnya bila setiap sekolah dapat menjadi sekolah hijau dan nyaman bagi siswanya.
1. Halaman tengah SMP 28 Semarang 2016  Proses menjadi indah dan nyaman
jadi3

Halaman tengah SMP 28 Semarang 2017
jadi4

jadi5

jadi6

jadi7

2. Proses perubahan halaman belakang sekolah dari 2014 tahun ke tahun 2017
hal1
Gambar : Halaman belakang sekolah yang masih gersang  awal tahun  2014

hal2
Gambar : Desember 2015 Sengon berumur 1 tahun

hal3
Gambar : Desember 2016 Sengon berumur 2 tahun

hal5
Gambar : Desember 2017 Sengon berumur 3 tahun
 

Kepala Sekolah

Dra. Siwinarti M
Dra. Siwinarti, M.Pd.

Kata Motivasi

Siapa saja yang belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, pasti akan mudah meraih cita-cita...



Bersedekah sedikit terus-menerus akan lebih baik jika dibandingkan dengan sedekah banyak hanya sekali



Rencana adalah jembatan menuju mimpimu, jika tidak membuat rencana berarti tidak memiliki pijakan langkahmu menuju apa yang kamu cita-citakan.



Bertutur dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik dan melakukan perbuatan baik. Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.



Orang yang selalu mencari-cari alasan bagi kegagalannya, tidak akan memperoleh kemajuan untuk selamanya

Video Unggulan

Foto Unggulan

Banner Terkait

Serifikasi Guru
Padamu Negeri
Cek SKTP
Data Pokok Pendidikan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
banner edmodo

Jajak Pendapat

Pendapat tentang website ini?